- Diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Seseorang bertanya pada #Yesus, “Bagaimana engkau dapat jalan di atas air?"
#Yesus menjawab: “Dengan keyakinan”. Orang tersebut kemudian berkata: “Kami juga memiliki keyakinan". #Yesus kemudian bertanya: “Apakah batu, lempung, dan emas, semuanya sama di matamu?”. Orang tersebut menjawab, “Tidak”. #Yesus kemudian berkata, “Sungguh, batu, lempung, dan emas, semuanya sama di mataku”.

- Diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Naqqash, dari Hassan bin ‘Atiyyah, #Yesus berkata kepada murid-muridnya, “Ketahuilah, melihat pekuburan seharusnya menjadi peringatan bagimu; melihat jenazah, seharusnya menjadi pelajaran untukmu. Dan melihat masyarakat di dunia ini, seharusnya, dengan menggunakan pandangan rahmat dan kasih.”

- Ibn Abi al-Dunya meriwayatkan dari Ma’n bin ‘Isa bahwa #Yesus pernah berkata, “Wahai bani Israil, mengapa engkau datang padaku mengenakan pakaian para rahib, namun hatimu seperti serigala kelaparan? Pakailah pakaian para raja, namun biarkan hatimu lembut dengan rasa takut (khawf)”.

- Diriwayatkan oleh alGhazali, #Yesus berkata, “Engkau tak akan mampu menggapai keinginanmu, kecuali dengan bersabar atas apa yang tak kau sukai.

- Ibn ‘Adiyy meriwayatkan, dari Abu ‘Umamah, Nabi SAW bersabda: “Suatu hari, saudaraku #Yesus berkata pada murid-muridnya, "Berpikir sederhanalah dan simpel seperti burung merpati dalam hal yang berhubungan dengan kejahatan. Namun jadilah binatang buas yang sedang dikejar pemburu dalam hal-hal yang menyelamatkanmu.

- Diriwayatkan oleh al-Ghazali, #Yesus berkata, “Aku menyukai sajak, dan meninggalkan kemewahan”.

- Al-Ghazali meriwayatkan #Yesus berkata, “Dunia ini hanyalah jembatan, maka lewatilah, dan jangan membangun sesuatu di atasnya.

- Al-Razi meriwayatkan, #Yesus berkata, “Tuhan memberiku kekuatan untuk hidupkan orang mati, menyembuhkan kebutaan dan ketulian. Namun Tuhan tak memberiku kekuatan untuk meringankan seorang bodoh dari kebodohannya.

- Al-Ghazali meriwayatkan, #Yesus berkata, "Sang pencari dunia ini adalah seperti seorang yang meminum air laut. Semakin banyak ia meminum, semakin dahsyat dahaganya, hingga akhirnya dahaga tersebut membunuhnya.

- Abu Na’im meriwayatkan dari Yazid bin Maysarah, #Yesus bersabda, "Dengan merendahkan hatimu, derajatmu akan diangkat tinggi. Dengan menebar kasih sayang pada sesama, kau akan disayangi. Dengan membantu sesama, Tuhan akan membantu kebutuhanmu."

- Imam Malik meriwayatkan, suatu hari seekor babi melewati #Yesus. Yesus berkata, “Lewatlah dengan damai.
Seorang bertanya kepada #Yesus, "Wahai Ruh Allah, mengapa engkau bertutur baik kepada seekor babi?
#Yesus menjawab, “Aku benci membiasakan lidahku untuk bertutur buruk."

- Ibn Abi al-Dunya meriwayatkan, dari Sufyan al-Thawri. Sekumpulan orang bertanya pada #Yesus, "Ajarilah kami jalan menuju surga".
#Yesus menjawab, “Jangan berbicara walau satu kata”.
Mereka berkata, “Bagaimana mungkin kami dapat melakukannya?"
#Yesus menjawab, “Jika demikian, janganlah engkau mengucap satu kata, kecuali kata-kata yang baik."

- Imam Ahmad meriwayatkan dari Khalid bin Khushib, #Yesus berkata kepada murid-muridnya, “Seperti halnya para raja telah meninggalkan hikmah untuk kalian, maka tinggalkanlah dunia ini untuk para raja.

- Imam Ahmad meriwayatkan dari ‘Ikrimah, #Yesus bersabda, "Wahai murid-muridku, janganlah engkau memberikan mutiara kepada kawanan babi. Mereka tak dapat melakukan apa-apa dengan mutiara itu. Demikian juga janganlah mengajarkan hikmah kepada mereka yang tak menginginkan/mencarinya. Sesungguhnya hikmah lebih mulia dari mutiara, dan mereka yang tak mencarinya lebih buruk dari babi. 

*Dalam tradisi Sufi, mulai dari kurun awal (Ibn Mubarak, Abu Talib al-Makki), #Yesus adalah simbol kezuhudan. Para sufi kerap mengutipnya.

Ditranskip dari twit Habib Ismail Fajrie Al-athas. (Rois Faisal Ridho)

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: